Warna

warna

Pemilihan Warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text dan image) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs itu.

Pengelompokan warna

1. warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga kompnen warna sekaligus, tetapi tidak tidak dalam komposisi tepat sama.
2. warna kontras, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bis didapatkan dari warna yag berseberangan (memotong titik tengah segitika) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan mengolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengna ungu dan biru dengan jingga.
3. warna panas, adalah kelompo warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbil, riang semangat, marat dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.
4. warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran warana mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna sejuk mengesankan jarak jauh.

dan pengelompokan warna juga punya aturan tersendiri seperti:
Warna primer

warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain, yang termasuk warna primer adalah merah, biru, dan kuning.
Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer.
Pada awalnya, manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer adalah Merah (seperti darah),Biru (seperti langit atau laut) dan Kuning (seperti kuning telur)
Ini kemudian dikenal sebagai warna pigmen primer yang dipakai dalam dunia seni rupa.

Warna sekunder

hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. Misalnya warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning.

Warna tersier

Merupakan campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga.

Warna netral

Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar dalam proporsi 1:1:1. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s