Realisme dan Grafik Komputer

Realisme

Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahanabad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.

Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Perbedaan antara grafik komputer denganpengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.

Grafik komputer adalah ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini. Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-proseor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat.

Grafik komputer banyak dipakai dalam bidang permainan komputer.

Istilah yang dikenal dalam grafik komputer :

Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.

Lebih jelasnya lagi: Metodologi pemodelan geometri yang dapat dikategorikan menurut jumlah infor seperti masi 3D yang tersedia dan jenis sensor yang digunakan.  Tidak seperti teknik berbasis gambar, karena tingkat detail untuk model dapat sangat kompleks.

Animasi : cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.

Lebih jelasnya lagi: sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

-Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.

b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dan lain sebagainya.
Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.

Lebih jelasnya lagi: Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modelling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemaahkan dalam sebuah bentuk output.

Interaction adalah semacam tindakan yang terjadi sebagai dua atau lebih objek ber efek terhadap satu sama lain.

Lebih jelasnya lagi: gagasan efek dua arah yang penting dalam interaction, sebagai lawan dari satu arah pada efek sebab dan akibat. Istilah  yang berkaitan dengan interaksi dalam system.

Teknik-teknik Realisme:

1.Texture-maps: memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail

2.Environment-maps: memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri.

3.bumps-maps: menciptakan ilusi tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasikan ketinggian suatu wilayah.

4.normal-maps: dikenal sebagai dengan Dot3 Bump-mapping’ teknin ini bekerja dengan cara yang sama dengan bump-map.

5.shadow-maps: membuat tekstur bayangan dengan mengambil siluet objek jika dilihat dari sumber cahaya.Teknik dalam Geometri

A.Texture-mapping
B.Polygonization: dengan merubah bentuk asli objek, namun, ini membutuhkan resource hardware yang besar.
C.Splines: merupakan teknik yang menggunakan representasi permukaan matematis.
D.Implicit Surface: teknik ini didasarkan pada fungsi x,y, dan z
E.Subdivision surface: membagi objek menjadi segitiga yang bertumpuk.
F.Degradasi: menganti poligon pada objek yang berada pada posisi yang jauh, menghemat waktu render.
G.Mesin decimation: mengurangi poligon pada suatu objek untuk menghemat waktu rendering.

Sumber:

http://www.wikipedia.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s