Tentang Game

Pengertian Game

Pengertian game itu sendiri adalah aktivitas terstruktur atau semi-terstruktur,yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang dan kadang juga digunakan sebagai alat pembelajaran karena teori permainan tu sendiri adalah subjek yang menarik untuk dipelajari. Kita semua tahu banyak permainan yang menghibur, seperti  catur, poker, baseball, permainan komputer dan sebagainya.

jika kita ingin membicarakan tentang sebuah metode pembelajaran melalui game, saya akan bahas tentang “Game-Based Learning”
Game-Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan Game-Based Learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-Based Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena tiga alasan berikut ini :

  • Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semakin motivasi siswa untuk belajar.
  • Kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game juga dapat menambahkan    komponen motivasi pada siswa.
  • Umpan balik yang cepat dan spesifik memberikan kemudahan bagi siswa untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya.

Tapi memang ada dampak buruk yang bisa jadi timbul, di antaranya :

  • Adanya anggapan bahwa ini hanya sekedar permainan/game.
  • Jika anda kalah dalam game ini tinggal mencoba lagi dengan memulainya dari awal.
  • Memainkan game tanpa menikmati alur yang sudah disiapkan oleh game tersebut.

Secara garis besar Game-Based Learning adalah salah satu metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran dan tentunya ini dapat dilakukan tidak dengan kaku melainkan dengan Blended Method, sehingga ada keseimbangan dalam metode pembelajaran konvensional dengan Game-Based Learning.

VIDEO GAME

Sebuah permainan yang dimainkan di console game atau computer yang hanya melibatkan pemain dengan mesin dan tanpa melibatkan sebuah jaringan ,dan biasanya menggunakan joystick untuk memainkan dan menggunakan televisi atau monitor sebagai tampilannya dan gamenya pun terbagi menjadi beberapa bagian,yaitu:

II. SEJARAH PERKEMBANGAN GAME

Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses (nol dan silang), di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Bahkan, perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.

Pada tahun 1947 dipercaya sebagai tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube),contohnya adalah game sederhana yang telah dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann.

Lalu Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televise,namun tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lisensi. tetapi, kesuksesan menjemput sejak Atari meluncurkan game berjudul Pong.

Di pertengahan sampai akhir 1980-an game yang muncul di pasaran hadir dengan fungsi scrolling atau virtual paging, hadirnya produk monitor warna di awal tahun 1980-an membuat perpindahan suasana game dari halaman ke halaman lain menjadi lebih hidup.

Awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpanan berformat  CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi popular maka era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul.

Yang menarik, game komputer telah berkembang ke arah Network Multimedia Game, di mana banyak pemain dari lokasi yang saling berjauhan berinteraksi secara real time dalam satu jaringan computer, contohnya game Quake III Arena yang pernah menjadi game yang cukup popular sekitar tahun 2001 lalu. Contoh lainnya adalah Counter Strike sebuah game 3D multiplayer mengambil tema simulasi taktik pertempuran.
Selama ini orang menganggap bahwa game console seperti Playstation dan XBOX adalah sarana terbaik untuk bermain game, sementara fungsi game di PC hanyalah fungsi tambahan saja. Kebanyakan gamer juga masih menganggap bahwa game console mampu memberikan gambar yang lebih baik ketimbang PC,dalam kenyataan yang ada,PC game bisa memberikan kualitas diatas game console dikarenakan perkembangan spesifikasi hardware computer yang begitu cepat.

III.KLASIFIKASI GAME

a. Role-playing game : game yang biasanya menerapkan single player yang nantinya player akan disediakan sebuah jalan cerita yang harus diselesaikan jika ingin melihat akhir cerita gamenya.

b. Sport game : jenis game ini biasanya menerapkan multi player,game yang kental dengan kegiatan olah raga seperti bola,basket,baseball dan sebagainya.

d Action game: game bertipe action ini kental dengan adegan-adegan pertarungan yang extreme,sebut saja Devil May Cry,game action yang penuh dengan perpaduan mata dan tangan

e. First person shooter game : game tembak menembak yang menjadikan kita sebagai tokoh dalam cerita dan biasanya hanya diperlihatkan tangan dan senjata.

f. Board game: game yang menampilkan game papan sungguhan seperti catur atau i-Go.

h. Strategy game : game yang benar-benar mengasah otak,dimana kita harus mengatus keseluruhan pasukan kita untuk menyerang musuh dan mepertahankan markas kita.

i. Simulation game : game simulasi adalah game yang mengangkat tema simulasi kehidupan.

IV.GAME ONLINE

game yang menggunakan sebuah jaringan internet agar bisa terhubung dengan player di dunia maya untuk bermain bersama sama secara real time,dimana kita bisa berkenalan dengan player lain di seluruh dunia untuk game yang bertaraf international dengan fungsi chat yang sudah pasti ada di setiap game online.

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE

Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).

Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat

TIPE-TIPE GAME ONLINE

  • First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
  • Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
  • Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
  • Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
  • Massive Multiplayer Online Games, adalah  game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

V.GAME TEKNOLOGI

Definisi Game Teknologi.

Game teknologi merupakan sebuah sistem atau perangkat keras(hardware) yang digunakan untuk mendukung kinerja dari game agar game tersebut dapat dimainkan dengan maksimal. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, game sekarang sudah berpenampilan 3 dimensi, bahkan sudah bisa menyerupai bentuk asli dari suatu objek.

VI.Tahap-tahap pembuatan game

Ada beberapa tahap dalam pembuatan game, yaitu:

1. Tentukan genre game

Pertama pikirkan jenis game , berjenis RPG(Role Playing Game) seperti FF Series, FPS(First Person Shooter) seperti Unreal Tournament, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Grand Turismo, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire series.

2. Menentukan Tool

Ini salah satu bagian yang terpenting,ada banyak bahasa pemrograman yang sudah menganut OOP (Object Oriented Programing). Ini dapat mempermudah memilih bahasa pemrograman manakah yang ingin digunakan, banyak juga software untuk membuat game tanpa harus mengetikkan sourcenya. Hanya mengerakkan mouse lalu mengatur jalannya game.

3. Menentukan gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, mission success, mission failed, cara bermain, dan sistem lainnya harus ditentukan.

4. Menentukan grafis yang ingin digunakan

Grafis secara dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. lakukan pemilihan jenis grafis yang menurut andasudah  sesuai dengan kebutuhan game, kemudian pilih software apa yang ingin digunakan dalam membuat gambarnya.

5.Memberi suara

Penempatan suara yang tidak tepat dapat membuat game tersebut tidak dimainkan lagi. Contoh dalam bermain game, karakter dari pemain kalah ataupun misinya gagal diberikan lagu yang bersemangat ini merupakan penempatan suara yang tidak tepat dan dapat membuat gamer menjadi kecewa dan bosan untuk melanjutkan game.

6. Proses pembuatan
Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

7. Lakukan publishing
Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game

VII.Teknologi yang digunakan untuk membuat game.
Teknologi Augmented Reality (AR) makin berkembang dan sudah memasuki dunia video game komersial. Video game AR pertama yang cukup populer adalah party game dengan EyeToy untuk konsol PS2 pada tahun 2003. Beberapa saat setelah konsol PS3 dipasarkan, muncul video game berjudul ‘The Eye of Judgement’ yang merupakan pengembangan teknologi AR dan sangat menarik secara visual, dan yang cukup baru adalah ‘Eyepet’, yang mulai mengintegrasikan interaksi dengan pemain dan munculnya teknologi yang menjembatani dunia nyata dan dunia maya. Produk Collectible Card seperti dibawah ini juga merupakan contoh makin luasnya adopsi teknologi AR untuk permainan komersial.

Para game mania tidak pernah dibuat bosan karena selalu ada pengembangan yang menyertai game rilis terbaru, misalnya lokasi pertempuran, tokoh dan karakter, senjata yang digunakan, strategi dan tantangan yang beragam, serta masih banyak lagi.

Karena itu sisi interface menjadi sangat penting bagi sebuah game, dan teknologi yang berjasa untuk mewujudkan game online adalah teknologi seperti Flash dan Java, yang dapat menampilkan video dan audio interaktif pada Internet.

Para developer game ataupun gamer juga tidak akan asing dengan nama DirectX, sebuah kumpulan API (Application Programming Interface) pada platform Windows yang menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, khususnya pemrograman game dan video.

Anda dapat menggunakan SDK (Software Development Kit) dari DirectX untuk menciptakan game dengan memanfaatkan fungsi-fungsi DirectX yang disediakan. Pada dasarnya, game itu sendiri merupakan sebuah aplikasi komputer, yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, di balik sebuah game yang menghadirkan kesenangan dan kenyamanan bermain, terdapat ribuan bahkan jutaan kode program yang membentuknya.

Game dapat ditulis dengan bahasa pemrograman yang umum dan telah dikenal seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya.

Salah satu interface berupa peta/map ditawarkan oleh Defense of the Ancient atau sering dikenal dengan DoTA yang populer setelah disertakan pada game Warcraft. Kode DotA terbuka bagi developer yang ingin mengembangkannya sehingga tercipta berbagai varian.

Beberapa development tools juga dikembangkan untuk memudahkan pembuatan game, misalnya RPG Maker dari Jepang yang memungkinkan kita menciptakan game dengan genre Role Playing Game.

RPG Maker kemudian dikembangkan menjadi RPG Maker 2000 atau biasa disingkat RM2k, kemudian menjadi RPG Maker 2003 (RM2k3), RPG Maker XP (RMXP), hingga saat ini RPG Maker VX, yang tentu saja semakin menawarkan . tur-. tur yang memudahkan pembuatan game yang semakin baik. Bagaimana dengan genre game selain RPG? Tentunya juga tersedia development tools untuk itu, seperti Fighter Maker yang dari namanya sudah dapat ditebak merupakan tools untuk menciptakan game fighting.

VIII.Profesi dalam pembuatan game

Ada berbagai profesi dalam pembuatan game, untuk membuat game 2 dimensi dibutuhkan tim yang minimal terdiri dari 3 profesi yaitu:

-programing

– grafik design

– music composer

Sedangkan untuk membuat game yang 3 dimensi dibutuhkan tim yang minimal terdiri dari 5 profesi yaitu

– programing

– texture maker

– 3d modeler

– music composer

pengatur gerakan (koreografer).

dan itu adalah pembagaian berdasarkan bentuk dari sebuah game yag akan dibuat.

IX.SCENARIO GAME

saya akan membuat sebuah game pertempuran pesawat yang diberi misi untuk menembaki pesawat musuh,dimana diawal game bermula dengan meminta nama sang pemain dan memilih untuk start game,setelah itu kita akan diberi misi untuk menyelesaikan 5 pertempuran dimana misi kelima akan dihadapkan dengan boss.


One thought on “Tentang Game

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s